Hadapi Cuaca Ekstrem, BNPB Terus Lakukan Langkah Antisipasi

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

MNC Trijaya Mandailing Natal (JAKARTA) – Untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang ekstrem, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan persiapan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, selain fokus menangani Gunung Agung yang sedang erupsi, pihaknya juga melakukan persiapan dalam menyambut cuaca ekstem dikarenakan adanya sinklon (badai) tropis cempaka yang akan mengakibatkan bencana alam.

 “Kami terus memantau dan terus berkomunikasi karena akan berdampak seperti bencana banjir dan longsor. Karena telah terjadi di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” ujarnya melalui sambungan telefon dalam Diskusi Redbons di Redaksi Okezone, Selasa (28/11/2017).

Ia menyatakan, BNPB selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai prediksi cuaca dari BMKG guna melakukan antisipasi bencana banjir dan longsor yang rutin datang setiap tahunnya.

“Aplalagi musim hujan diprediksi akan sampai Januari. Tentu saja BNPB bersama BMKG bersama seluruh lembaga sudah melakukan langkah antisipasi karena ini kejadian yang berulang,” tuturnya.

Selain itu, Sutopo menuturkan, pihaknya juga akan rapat bersama kementerian terkait, guna mengantisipasi cuaca ekstrem yang belakangan terjadi.

“Terkait antisipasi banjir, longsor dan lain-lain, kita sudah siapkan di mana besok kita akan lakukan rapat yang dipimpin oleh Ibu Menko PMK yang melibatkan kementerian dan lembaga, termasuk BNPB dan BMKG,”jelasnya.(Okezone)