MANTAP. SSB DESA RUMBIO DIGELAR LAGI, BENARKAH BISA MENDORONG EKONOMI DESA, BACA SELENGKAPNYA

Foto : Kades Rumbio dengan Karang Taruna

MNC Trijaya Mandailing Natal (Madina) - Membangun sarana olahraga adalah salah satu dari empat program wajib dana desa. Tiga program lainnya adalah menemukan produk unggulan desa, mendirikan BUMDes dan Embung. Dari keempatnya, sarana olahraga adalah yang paling jarang dibahas. Namun, Desa Rumbio Kec Panyabungan Kab. Mandailing Natal Gelar Pelatihan Bola.

Kades Desa Rumbio Khairul Anwar  Mengatakan kepada MNC, Sebenarnya sarana olahraga diyakini bisa mendorong ekonomi desa. Olahraga bagi warga desa masih menjadi salah satu kegiatan mewah, apalagi dengan sarana yang memadai. Soalnya, selain kesibukan mengurus sawah dan mencari penghidupan ekonomi, Senin,(07/01/2019)

”Sebagian besar sarana olahraga yang memadai bakal menyedot dana yang cukup besar, itulah yang membuat perkara olahraga sering lupa di desa. Padahal olahraga sangat mendukung berbagai hal menjadi positif karena olahraga langsung berpengaruh pada kesehatan warga. Jika warga desa memiliki kondisi kesehatan yang baik, bukankah berbagai aktivitas bakal menjadi gampang dilakukan? Ujar Khairul

Khairul menambahkan Bukan itu saja, semangat olahraga selalu mengedepankan sportivitas, adu tangkas, adu gesit dan adu setrategi. Semuanya dilakukan dengan semangat yang positif. Nah, semangat positif ini sesungguhnya sangat penting dikembangkan melalui olahraga. Apalagi olahraga seperti sepak Bola, voli dan berbagai olahraga yang melibatkan pemain dalam jumlah besar. Kerjasama tim yang hebat akan menjadi nilai positif yang baik jika dikembangkan pada wilayah yang lain misalnya kerjasama ekonomi dan membangun desa.

“Olahraga juga memiliki kekuatan refreshing bagi pegiatnya. Letihnya tubuh karena olahraga berbeda jauh dengan letih bekerja. Letih olahraga menghasilkan badan yang sehat sedang letih bekerja menghasilkan penurunan stamina dan kondisi tubuh. Perbedaan-perbedaan ini harus dipahami warga desa. Tetapi apa iya bisa warga desa yang sudah lelah bekerja di sawah masih memiliki waktu menjadi pelaku atau menikmati olahraga di desanya? Tentu saja beda rasa “ Lanjut Khairul

Foto : Peserta SSB

“Kesehatan adalah hak semua orang. Maka olahraga sebagai salahsatu kegiatan yang menyehatkan adalah hak dilakukan semua orang. Soalnya negara yang warganya sehat-sehat bakal menjadi negara yang kuat. Itulah sebabnya pembangunan olahraga di desa sangat penting dilakukan. Sarana ini akan meningkatkan kesehatan warga desa karena warga akan memiliki sarana untuk berolahraga. Misalnya, pembangunan lapangan bola, lapangan voli atau bahkan tenis meja. Untuk tahun 2018 melalui Musyawarah pelatihan Sepak Bola baru ditampung di Desa Rumbio secara perlahan akan di gelar Beberapa Olahraga lain ke depa nnya. Pelaksanaan Kegiatan TPK Desa Rumbio ini  bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Rumbio, pos anggaran kegiatan Pemberdayaan dibagian Kepemudaan atau Karang Taruna Desa Rumbio. Pelatihan ini digelar di lapangan SMA 1 Panyabungan Utara  di Latih oleh pelatih yang bersertifikat Ahmad Bakri asli Putra daerah Madina yang bertugas di Dinas Pendidikan Tapsel serta ikuti  sebanyak 35 orang  sebanyak 30 x pertemuan dari berbagai usia dan pelatihan SSb ini sudah Angkatan ke-III desa Rumbio serta akan di sambung di 2019 ini pada Pos Anggaran karang Taruna Desa Rumbio” sambung Khairul

Masih Khairul, Lagipula, olahraga adalah kegiatan universal artinya olahraga adalah kegiatan yang bisa menyatukan seluruh warga desa seperti yang kita harapkan Desa Rumbio dapat menghasilkan atlit sepakbola yang dapat diandalkan sesuai jenjang karir atau Usia dimulai dari U-15, U-19, dan U-23. Coba saja ingat jika ada pertandingan bola antardesa, bukankah semua orang berbondong-bondong ke lapangan desa dan menikmati sajian permainan bola para pemain andalan desa. Pada momen itu semua orang bergembira, para ibu menggelar dagangan makanan kecil asli buatan warga dan sebagainya.

Khairul menerangkan Semangat inilah yang ingin dibangun pemerintah pada warga desa. Dalam skala yang lebih besar,  olahraga bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang, seperti banyakya lapangan footsal berbayar itu. Belum lagi jika digelar Lomba atau kompetisi antardesa. Makanya kita berikan Sertiffikat Pada Peserta yang berbakat sebagai Motivasinya.

“Kegiatan olahraga pula yang bisa melahirkan atlit-atlit besar yang berjaya mengharumkan nama  desa dan bangsa. Siapa yang tidak ingin menjadi olahragawan dengan bayaran setinggi langit seperti para pemain bola dunia itu? Jadi, apalagi yang diragukan, mari membangun warga desa yang sehat melalui olahraga. Jika warga desa berbadan sehat maka bakal jauh lebih produktif mereka bekerja” terang Khairul

Khairul berharapkan Kegiatan ini dapat membuka akses Sepak Bola di daerah Panyabungan Utara pada khususnya serta menjauhkan generasi anak bangsa dari kegiatan negatip, seperti pemakaian Narkoba dan Psikotropika lainnya. Serta ajang mengolahragakan pemuda dan menciptakan iklim yang sehat bagi kaula muda.

 

Bakty