BAPAK 57 TAHUN DI MANDAILING NATAL MENGIDAP TUMOR BUTUH DONASI

FOTO : BAPAK 57 TAHUN DI MANDAILING NATAL MENGIDAP TUMOR BUTUH DONASI

MNC Trijaya Mandailing Natal (Madina) - Assalamulaikum wr wb.

Perkenalkan saya Wahyudi Saputra Lubis, saya anak kedua dari lima bersaudara dua laki2 dan tiga orang perempuan. Kami memiliki seorang ayah (Kasmir Lubis, usia 57 tahun) yang telah mengidap penyakit tumor jinak selama kurang lebih 29 tahun. Keseharian ayah adalah seorang petani. Penyakit tersebut bahkan lebih tua setahun dari usia saya.

Sejak mengidap penyakit tersebut telah banyak upaya yang keluarga kami lakukan agar ayah kembali sehat kembali baik secara medis maupun non medis.

Secara medis tercatat sudah tiga kali ayah kami melakukan operasi. Setelah operasi yang pertama di tahun 1991 wajah ayah sempat normal, namun sekitar 4 tahun sesudah nya tumor tersebut kembali dan ayah kembali dioperasi di tahun 1995. Di operasi kedua ini rahang ayah bagian kanan diangkat. Sehingga sekarang ayah hanya bisa mengunyah makanan di bagian kiri saja. Namun seperti sebelumnya tumor tersebut kembali muncul di tahun 2001 tepat nya saat saya kelas 6 SD. Kami kembali berusaha untuk mengobati sang ayah,namun setelah konsultasi dengan dokter yang menangani sebelumnya,ayah patah arang dengan dengan penyakitnya karna dokter mengatakan tumor tsb tidak dapat lagi di operasi. Kami sangat terpukul mendengar informasi tersebut dan kami sekeluarga pun yang sebelumnya berdomisili di Padang Sumatera Barat,memutuskan untuk kembali ke kampung halaman di desa Jambur Padang Matinggi, Panyabungan Utara, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Dengan harapan seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan masih ada keluarga yang dapat membantu kami apalagi kondisi kami anaknya saat itu masih kecil.

Sejak kami pindah ke kampung halaman ayah tidak terlalu fokus untuk mengobati penyakitnya. Namun ayah lebih fokus untuk menyekolahkan kami anak2 nya hingga ke perguruan tinggi. Semangat ayah dalam meyekolahkan anak nya menurut saya sangat luar biasa karena terhitung dari 5 bersaudara 3 dari kami sudah mendapatkan gelar sarjana.

FOTO : BAPAK 57 TAHUN DI MANDAILING NATAL MENGIDAP TUMOR BUTUH DONASI

FOTO : BAPAK 57 TAHUN DI MANDAILING NATAL MENGIDAP TUMOR BUTUH DONASI

Singkat cerita Operasi terakhir dilakukan di RS. Ibnu Sina Padang Sumatera Barat. Operasi akhirnya kami lakukan karena saat saya berkuliah, saya berkonsulltasi dengan dosen dan akhirnya mengetahui bahwa ayah masih bisa mendapatkan pengobatan secara medis.Dari hasil operasi tersebut dokter menginformasikan bahwa tumor yang dapat di angkat baru sekitar 80%, sisa nya belum dapat diangkat karena belum mengetahui stadium penyakit dan tumor sudah mulai menjalar ke bagian tulang pipi ayah. Dan dokter menyarankan agar kembali lagi 3 bulan setelah operasi tersebut untuk pengangkatan sisa nya. Namun karena terkendala dana, juga kondisi saat itu 2 anaknya masih kuliah. Ayah mengurungkan niatnya untuk berobat, hingga di tahun 2014 teman2 sekampus saya mendengar kabar tentang penyakit ayah dan mulai melakukan penggalagan dana untuk mengobati ayah. Pada saat itu dengan bermodalkan dana yang dikumpulkan oleh teman2 satu kampus kami kembali membawa ayah berobat ke RS. M. Djamil Padang Sumatera barat. Namun malangnya saat ayah di Padang datang untuk berobat dokter yang menangani ayah di tahun 2011 sedang berada di luar negeri. Setelah sebulan menunggu akhirnya kami bertemu dengan dokter. Kabar yang tidak baik pun masih datang ke kami, dokter menyatakan sudah tidak sanggup untuk menanggani penyakit ayah. Dokter menyarankan agar ayah dirujuk ke RS. Cipto Mangunkusumo dan dari penjelasan dokter tsb dibutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan untuk perawatan. Lagi niat kami untuk mengobati ayah terhalang, karena dana yang dikumpulkan oleh teman2 saya tidak cukup untuk sampai ke Jakarta dan ayah kembali patah arang dengan penyakitnya dan kembali fokus untuk menyekolahkan kami anaknya.

Singkat cerita sekarang saya telah menamatkan kuliah di jurusan farmasi juga telah mendapatkan gelar profesi apoteker. Saat ini dan telah bekerja di perusahaan kecil bagian distribusi obat di Palembang dan baru saja bekeluarga. Namun yang amat saya sesalkan,dengan penghasilan saya saat ini dengan kisaran 4 juta rupiah,dan kondisi saya yang baru saja berkeluarga, saya hanya dapat membantu kebutuhan sehari sehari ayah dikampung dan menyekolahkan 2 lagi adik perempuan saya yang saat ini masih duduk dibangku SMA dan SD, karena kondisi ayah yang sudah semakin menurun dan tak sanggup lagi untuk beraktivitas seperti sedia kala apalagi bekerja di kebun.

Untuk itu mohon bantuan dari para donatur yang baik hati, sekecil apapun bantuan para Donatur sangat membantu agar kami dapat membawa ayah ke Jakarta untuk mendapatkan pengobatan. 

bisa melakukan dengan cara :

1. Klik tombol “DONASI" 

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran Vitural Acount atau transfer bank rekening yang terterah

Jika teman teman dan para Donatur Budiman semuanya ingin membantu lebih banyak bisa membagikan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat.

Sumber : https://www.pedulisehat.id/detail.html?project_id=12419737547998051582

Editor : Bakty

MNC of Jurnalis