Peringati hari Santri Nasional, Ketua PDPM Madina Mhd.Idris harahap ST : "Santri Kuat, Bersama Ummat"

Foto : Ketua PDPM Madina, Mhd. Idris Harahap ST.

MNC Trijaya Mandailing Natal – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Mandailing Natal Mhd.Idris Harahap ST

mengatakan, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia peran serta santri telah diakui oleh banyak pihak,dalam merebut kemerdekaan indonesia dari kekuasaan kolonial Senin, (22/102018)

 

Idris Harahap Menjelaskan, santri tangguh dan perkasa berkaitan erat dengan peran Ulama yang karismatik serta dihormati oleh para santri.

 

Di antara banyak santri yang dilahirkan Bangsa Indonesia, ternyata ada peran ulama yang ikut turut berjuang di dalamnya tempo dulu. Di antaranya adalah K.H. Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah yang satu guru dan satu ilmu dengan  K.H. Hasyim Asy’ari Pendiri NU yang sangat dikenal kiprahnya di Pondok Pesantren Kiai Haji Shaleh Darat.

 

Idris Harahap menerangkan bahwa, santri juga berperan sebagai legislator sistem Negara Republik Indonesia.

 

“Pasca kemerdekaan, santri juga menjadi lini depan untuk memberikan legitimasi dalam sistem negara bangsa bernama Indonesia ini” terangnya.

 

Ia juga mengatakan, Santri adalah harapan ummat dalam mempertahankan keutuhan bangsa.

“Melalui Peringatan Hari santri Nasional ini, santri diharapkan menjadi lini terdepan dalam menjaga NKRI, dan secara bersama-sama dengan ummat membangun bangsa dan peradaban karena, “Santri Kuat Bersama Ummat” Pungkasnya. (DY.Sir)