GAWAT, DESA KAMPUNG BARU BANJIR SETINGGI ORANG DEWASA

Foto : Ilustrasi banjir

MNC Trijaya Mandailing Natal (Madian) - Desa kampung baru  di Kecamatan Lingga bayu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) terendam banjir. Akibatnya, ratusan rumah warga di Desa Tersebut tergenang air setinggi leher orang Dewasa. Banjir juga menyebabkan arus lalu lintas menuju Panyyabungan  terganggu dan terancam terputus.

Banjir mulai dirasakan oleh warga sejak kamis 11 Oktober 2018 pukul 18:00.WIB hingga Saat ini Jum`at 12 Oktober 2018 01:00 dini hari air  yang disebabkan Sungai kapok  meluap karena curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari yang lalu. Rumah warga di  desa Kampung baru pun tergenang air.

Bahkan arus lalu lintas, baik menuju Kota Panyabungan (Ibu kota Mandailing Natal) maupun sebaliknya nyaris putus. Sebab, badan jalan tertutup air setinggi 1 meter. 

Sejumlah warga terpaksa mencari Dataran Tinggi untuk mengungsi menyelamatkan diri Kerumah-rumah warga yang terletak di lokasi yang tinggi.

“Kami harus mencari dataran tinggi untuk menyelamatkan diri , karena ketinggian air mencapai  setinggi orang Dewasa sebagian sampai meteran rumah warga tepatnya di RT II,III,IV di kampung itu,” ujar Hendri , salah seorang warga yang terkena imbas banjir kepada MNC By Phone, (12/10).

Menurut Hendri, ada puluhan rumah dan harta benda ikut terendam banjir desa itu ditambah lagi hewan peliharaan belum terselamatkan. 

Dia berharap kepada pemerintah agar segera agar segera turun tangan ke desa kampung baru dan membawa bantuan dan pakaian, sebab banyak warga tidak bisa membwa perlengkapan mengungsi.  

”Saya berharap agar sungai itu secepatnya dinormalisasi oleh pemerintah  segera tanggap darurat untuk bencana banjir di desa kampung baru, sehingga korban banjir bisa terbantu secepatnya” tandasnya.

Hingga saat ini belum ada BPBD yang turun ke Desa kampung baru, ketinggian air di  desa Kampung baru tersebut belum surut, karena hujan masih turun. Dikhawatirkan, apabila curah hujan masih tinggi, maka akan terjadi banjir yang lebih besar. 

Bakty