Harga Bahan Pokok di Pasar Panyabungan Masih Wajar

Foto : Pedagang Bahan Pokok Pasar Panyabungan

MNC Trijaya Mandailing Natal - Untuk bulan ini harga sembako terbilang masih cukup wajar di pasar tradisional Panyabungan (7/10), namun peluang untuk kembali berubah baik naik maupun turun masih sangat mungkin terjadi. Harga sembako tersebut juga turut dipengaruhi dari kebijakan Pemerintah Kabupaten dalam mengatur kondisi pasar Daerah  dengan program mereka untuk melakukan swasembada pangan terlebih untuk bidang pertanian dalam menghasilkan beras yang telah menjadi bahan makanan pokok hampir diseluruh penjuru Tanah Air.

Harga sembako memang bisa dikatakan memiliki sifat fluktuatif yaitu belum bisa dipastikan sebab jika saat ini dikatakan harga sekian bisa saja beberapa hari bahkan beberapa jam ke depan harga sudah mengalami perubahan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahan harga sembako, diantaranya adalah hukum pasar dengan berbagai kondisi yang bisa terjadi. Harga akan tinggi jika angka permintaan lebih besar dibandingkan dengan ketersediaan bahan sembako itu sendiri begitu juga sebaliknya.

Satu faktor lagi yang tidak bisa dipisahkan pada perubahan harga sembako adalah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dimana  kenaikan harga BBM juga turut diimbangi dengan kenaikan harga sejumlah bahan pokok lainnya. Untuk sepanjang tahun 2018 lalu bisa dikatakan harga sembako ada pada grafik yang cukup stabil. Adapun jika terjadi kenaikan ataupun penurunan tidak terlalu signifikan. Namun bagaimanpun juga harga tersebut tidak bisa disamakan dari satu daerah dengan daerah lainnya sebab tergantung dari ketersediaan stok, permintaan pasar, serta kondisi pertanian saat itu. (DY.Sir)