PUSKESMAS DAN DISKES MADINA , GELAR SOSIALISASI IMUNISASI MR LINTAS SEKTORAL DI GUNUNG TUA

Foto Bersama Peserta Sosialisasi  Usai Acara

 MNC Trijaya  Mandailing Natal (Madina) - Dalam rangka mendukung kampanye imunisasi MR, Puskesmas Gunung Tua Kec. Panyabungan   Kabupaten Mandailing Natal menggelar serangkaian acara sosialisasi dengan tujuan untuk menurunkan angka kejadian CSR ( campak, rubella syndrom ) di Gedung Serbaguna Desa Gunung Tua Lumban Pasir, Jum’at (03/08).

Pantauan MNC Trijaya Hadir pada acara  tersebut Camat Kecamatan Panyabungan dan kasi Pemerintahan , kasi Kesling dari Dinas Kesehatan Madina, bidan PTT, tim penyuluhan Posyandu, Kaum ibu dan Nauli Bulung serta beberapa kepala desa dan kelurahan di Kecamatan Panyabungan.

Sangat menarik acara sosialisasi tersebut terlihat banyaknya pertanyaan dan saling bertanya antara kades dan bidan Desa yang pemegang Program untuk solusi Kesehatan yang lingkupnya di Desa. 

dr. Aisayh Hafni  mewakili Kepala Puskesma Gunung Tua  mengatakan tingginya penularan akibat virus ini dapat menyebabkan abortus spontan atau catat lahir, retardasi mental, penyakit jantung bawaan, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan seperti katarak.

“Rubella menyebar secara luas dan bila terinfeksi selama masa kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir, ini tidak ada obatnya pencegahan adalah solusi satu satunya”, tutur dr. Aisay Hafni

Seterusnya dr. Aisyah hafni menambahkan untuk sepakat mengatakan orang gangguan jiwa  jangan lagi di sebut Orang gila tapi dengan Sebutan Orang dengan  Gangguan Jiwa (ODGJ) .

Selanjutnya Kasi Kesling Abdul  Aziz Nasution Menututrkan  Kampanye imunisasi MR adalah kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan tranmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun. 

 

Bakty