INI TATA CARA PENCALONAN BAKAL ANGGOTA DPRD MADINA 2019

INI TATA CARA PENCALONAN BAKAL ANGGOTA DPRD MADINA 2019

MNC Trijaya Mandailing Natal (Madina) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengumumkan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Madina pada pemilu legislatif tahun 2019

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat bernomor 730/HM.02-PU/1213/KPU-Kab/VI/2018 yang berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum serta memperhatikan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan PKPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019 serta PKPU nomor 20 tahun tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Berdasarkan surat tersebut, waktu pengajuan bakal calon selama 14 hari yang dimulai tanggal 4 juli hingga 17 juli.

“Dengan rincian hari pertama sampai dengan hari ketiga belas dilakukan pada pukul 8.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib. Dan, hari keempat belas atau hari terakhir dilakukan mulai pukul 8.00 Wib sampai dengan pukul 24.00 Wib. Bertempat di aula kantor KPU Madina di jalan Merdeka Kayu Jati Panyabungan,” sebut Ketua KPU Madina, Agussalam kepada MohgaNews, Minggu (1/7)

Adapun ketentuan pengajuan bakal calon, yaitu pengajuan bakal calon oleh partai politik hanya dilakukan satu kali pada masa pengajuan. Kemudian, partai politik wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen bakal calon ke dalam sistem informasi pencalonan (SILON).

Selanjutnya, syarat pengajuan bakal calon yaitu, Pertama, diajukan oleh pimpinan partai politik yang sah sesuai dengan tingkatannya. Kedua, jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap Dapil. 

Ketiga, disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap Dapil. Keempat, di setiap 3 orang bakal calon pada susunan daftar calon, wajib terdapat paling sedikit 1 orang keterwakilan perempuan. Terakhir, daftar bakal calon di setiap daerah pemilihan sudah diproses dalam aplikasi SILON. (MN-01)

Sumber : Mohganews

Editor    : Bakty